Menu

Amazon

Lazada

Monday 29 June 2015

BERMIMPI TENTANG SUMUR



Sumur dalam dunia mimpi memiliki makna yang beragam. Menurut Ibnu Sirin bila sumur itu berada di sebuah rumah, maka menunjukkan kepada pemilikinya, karena dialah yang membangun sumur itu. Ibnu Sirin menegaskan bahwa tidak jarang fenomena sumur dalam mimpi menujukkan kepada istri orang yang bermimpi karena dia lah yang memanfaatkan sumur itu dengan mengambil airnya.

Menurut Ibnu Sirin bila yang bermimpi tentang sumur itu adalah seorang perempuan berarti sumur itu menujukkan terhadap laki-laki, dan airnya menunjukkan harta benda dan pekerjaan orang laki-laki tersebut. Bila air itu banyak, maka hartanya bendanya juga banyak selama air sumur itu tidak sampai meluap ke rumahnya. Bila air sumur itu meluap sampai kerumahnya, maka air itu menujukkan kepada rahasia dan ucapan laki-laki itu. Bila air sumur itu sedikit maka menujukkan bahwa harta benda dan pekerjaan laki-laki itu sedikit dan rejekinya seret.
Bila seorang perempuan bermimpi melihat dasar sumur kelihatan sangat dalam, maka menujukkan kalau laki-laki itu pelit. Namun bila airnya dekat dari tangan, maka menunjukkan orang yang bersangkutan dermawan.

Jika sumur itu menujukkan makna perempuan, maka airnya menujukkan harta benda atau janin perempuan itu. Bila airnya dekat dengan tangan, maka perempuan itu akan cepat melahirkan anak. Bila airnya meluap sampai ke tanah, maka ia akan melahirkan atau keguguran.

Kata Ibnu Sirin terkadang sumur juga menujukkan makna pembantu, hewan peliharan, tunggangan, atau menunjukkan orang yang dermawan yang ada dalam keluarganya.

Menurut Ibnu Sirin sumur yang tidak bertuan menunjukkan bepergian. Hal ini di dasarkan pada timbanya yang naik-turun ketika digunakan untuk mengambil air.

Menurut Ibnu Sirin terkadang  sumur juga menunjukan kepada lautan, pemandian, dan masjid tempat orang yang akan salat membasuh kotorannya.

Fenomena sumur dalam mimpi terkadang juga bermakna orang yang pandai yang menyirami masyarakat di sekitarnya dengan ilmu yang dimilikinya.

Terkadang sumur, kata Ibnu Sirin, menujuk pada perempuan yang berbuat mesum, penajra, kuburan seperti yang terjadi pada yusuf.

Ibnu Sirin menegaskan barang siapa bermimpi jatuh ke dalam sumur yang tidak diketahui pemiliknya, bila orang yang bermimpi itu sakit, maka ia akan segera meninggal. Bila ia sedang menaiki kapal laut, maka kapalnya akan hancur. Bila ia sedang mengadakan perjalan darat, maka dia akan dirampok. Bila dia sedang menghadapi perkara hukum, maka ia akan dipenjara.

Ibnu Sirin juga menjelaskan bahwa seseorang yang bermimpi mengambil air minum dengan timba di sumur yang tidak bertuan, bila dia sedang hamil, maka akan memiliki anak laki-laki. Bila dia memiliki barang yang dikirim melalui jalan darat maupun laut, maka barang kirimannya akan segera sampai. Jika dia dalam keadaan sakit, maka akan segera sembuh. Bila dia sedang dipenjara, maka akan lekas dibebaskan. Bila dia sedang berada dalam perjalanan, maka ia akan lekas sampai kerumahnya. Bila dia sedang jumblo maka akan lekas menikah. Hal di atas jika timbanya itu tidak rusak dan penuh berisi dengan air.

Menurut Ibnu Sirin sebagian ulama berpendapat bahwa jika seseorang bermimpi tentang sumur, maka sumur dapat dimaknai dengan perempuan yang ceria. Jika yang bermimpi adalah perempuan maka maknanya adalah laki-laki yang tampan.

Ibnu Sirin mengatakan barang siapa bermimpi menggali sumur, dan di dalam sumur itu teradapat air, jika perempuan yang bermimpi, maka ia tidak memiliki harta. Jika dia meminum air tersebut, maka dia akan memperoleh harta dengan susah payah.

Jika seseorang bermimpi melihat air meluap dari sumur yang berada di suatu desa atau tempat, kemudian dia keluar dari daerah tersebut, maka di tempat itu akan tertimpa kesedihan dan kesusahan.

Bila seseorang bermimpi menggali sumur untuk menyirami kebunnya, maka maknanya dia akan memperoleh obat dari sakitnya. Bila seseorang bermimpi melihat yang ia gali penuh dengan air, hingga meluap ke rumahnya, dan luapannya lebih besar dari yang mengalir kerumahnya, maka dia akan memperoleh harta benda.

Bila luapan air itu sampai ke luar rumah, maka dia akan selamat dari kesusahan dan harta bendanya akan hilang sesuai dengan kadar air yang keluar dari rumahnya itu.

Bila seseorang bermimpi jatuh ke dalam sumur yang airnya keruh, maka dia bakal berbisnis dengan orang yang memiliki kekuasaan namun berprilaku kurang baik sehingga dia akan menjadi korban tipuannya. Jika air itu jernih maka dia akan berkerja sama dengan orang yang baik budi pekertinya. Jika seseorang bermimpi turun ke dalam sumur, maka dia akan mengalami bepergian.

Jika seorang laki-laki melihat sumur di suatu tempat yang tidak ia kenal, dan di dalam sumur itu terdapat air yang segar, maka air sumur yang segar itu menujukkan harta bendanya. Dia akan diberi rezeki dan umur yang panjang sesuai dengan kadar air yang ada di dalam sumur itu. Bila sumur itu tidak berair, maka umurnya akan habis.

Menurut Ibnu Sirin robohnya sebuah sumur dalam mimpi menujukkan meninggalnya seorang perempuan. Jika seseorang bermimpi kedua kakinya mengantung di dalam sumur, maka dia akan melakukan rekayasa dengan hartanya, atau akan mendapatkan marah. Jika seseorang turun ke dalam sumur, ketika sampai di tengah-tengah kemudian dia beradzan, maka orang tersebut akan melakukan bepergian. Jika dia turun sampai ke aliran sumbernya, maka ia akan mendapatkan kedudukan atau keuntungan yang besar dari bisnisnya. Bila seseorang bermimpi turun ke dalam sumur, sampai di tengah, tiba-tiba mendengar adzan, jika yang bermimpi adalah seorang wali maka akan dicopot pangkat kewaliannya. Bila yang bermimpi adalah seorang pedagang, maka dia akan merugi.

Menurut sebagian ulama bila seseorang bermimpi melihat sumur di dalam rumahnya, atau di tanah tempat tinggalnya, maka dia akan memperoleh kebaikan dalam usahanya dan memperoleh kemudahan setelah mengalami kesulitan. (Diulas dari kitab Muntkhobul Kalam fii Tafsiril Ahlam, karya Ibnu Sirin oleh FT edu)

52 comments:

  1. Saya bermimpi melihat ombak laut setinggi gunung dan menerjang orang orang yang ada di pantai...lalu di dataran yg lebih tinggi itu saya akan berwudhu dan menemukan sumur, namun di dalam sumur ada air yang tinggal sedikit dan ada seekor anak anjing di dalamnya. Lalu saya tidak jadi berwudhu. Apa artinya ya

    ReplyDelete
  2. Saya mimpi mengali sumur dua yg satu airnya lancar biasa yg satu airnya meluP keluar

    ReplyDelete
  3. Saya mimpi melihat perempuan di dalam sumur tp dasarnya kering kirain saya Dy sudah mati ternyata pingsan didalam sumur dan sumur yg dilihat dalam ternyata pas saya ngeluarin perempuan itu secara dasar sumur dekat hingga saya bisa menggapai dy artinya apaan

    ReplyDelete
  4. Saya bermimpi, melihat sumur yg lagi d gali tiba" airnya keluar dari berbagai lubang dalam sumur tersebut sapai meluap. Arti dari mimpi itu apa ya??

    ReplyDelete
  5. Kemarin saya mimpi di dapur saya ada sumur

    ReplyDelete
  6. tadi malam aku mimpi ada orang yang pamitan mau menggali sumur keluargaku apa ya artinya..

    ReplyDelete
  7. Ayah ku bermimpi . Klw anak ku kecemplung sumur .. lalu di tolong oleh ayah ku anak ku d suruh naik keatas .. lalu anak ku naik . Apa arti nya ni ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba,yg mimpi itu mlh ibuku,mimpi klo anaku kecemplung ke dalam sumur tapi sumur itu sebelah kuburan,kira2 knpa yah

      Delete
  8. saya bermimpi saya di bawa pergi mantan pacar saya ke sebuah rumah dan di dalamnya ada sumur tua yg di tutup. pas saya buka tutupnya di dalam sumur itu ada pipa" yg udah tua.

    ReplyDelete
  9. Saya bermimpi melihat sumur yang sangat dalam

    ReplyDelete
  10. Saya bermimpi masuk ke rumah kosong yang sangat kotor jorok dan menjijikan lalu saya bersihkan dgn air percikan2 tiba2 melihat sumur yg sangat dalam dan air nya sangat bersih

    ReplyDelete
  11. Saya bermimpi sumur rumah saya ambles
    Diding tembok bibir sumur jadi sama rata tanah keliling sampingnya.
    Saya kemudian terpikir.bau nembok meninggikan keliling bibir sumur itu tadi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca makna mimpi paragraf kedua dari bawah

      Delete
    2. Saya bermimpi melihat sumur dan di dalam sumur itu ada setan perempuan,,setan perempuan itu kejar kejar saya, rambut nya pendek..alha Alhamduli saya lolos dari setan perempuan itu...petanda apa ya...tolong jawab ya

      Delete
  12. Saya bermimpi ayah saya memindahkan sumur didepan rumah tpi tdk tau sumur siapa

    ReplyDelete
  13. Ibu saya bermimpi tentang 3 sumur, , nah ketiga sumur ini memiliki air yang bersih dan jernih. Tetapi diantara ketiga ini ada satu sumur yang didalamnya terdapat drum berisi air juga. Kira-kira apa maknanya ya.

    ReplyDelete
  14. mimpi minta air sumur pada orang tapi tak dikasi

    ReplyDelete
  15. Mimpi melihat sumur didalam rumah dan saudara jg gi mandi

    ReplyDelete
  16. Saya bermimpi melihat kedalam sumur airnya bersih,namun ada sebuah mobil mengapung posisinya depan mobil ke atas. maknanya lebih jelas apa ya...?

    ReplyDelete
  17. Saya bermimpi tiba-tiba melihat sumur untung sya gk jatuh, apa artinya

    ReplyDelete
  18. Saya mimpi meggali sumur tapi setelah ketemu air tanah sumur itu runtuh tp ada baiknya saya tidakkeruntuhan

    ReplyDelete
  19. Saya bermimpi ada sumur di halaman rumah kami yang rumah kami sekeluarga berkumpul, namun ada perdebatan dari ponakan saya yg lajang kaka saya dan saya bahwa menurut mereka itu sumur orang lain dan kami harus minta ijin untuk menggunakannya dan menurut saya sumur ini berada di halaman rumah kita berarti milik kita, apa arti dari mimpi saya itu yah.....

    ReplyDelete
  20. saya mimpi ..disuruh masuk kesumur ..ada 3 sumur saya suruh pilih mau masuk kemana ..namun saya tidah memilihnya ..dan saya memilih melawan arus sungai yang jernih

    ReplyDelete
  21. Baru aza saya bermimpi tembok atas sumur rumah ayah saya roboh tapi tembok itu hanya roboh di atas aza tidak hanyut ke sumur

    ReplyDelete
  22. q mimpi melihat sumur yg sangt dlm tp airnya jernih apa attinya,yrima kasih

    ReplyDelete
  23. Mas saya bermimpi melihat 3 sumur di rumah sya . Tpi di rumah saya hanya ada 1 sumur .. itu artinya apa ??

    ReplyDelete
  24. Saya bermimpi air sumur saya di dalam rumah di timba orang sampai tinggal sedikit

    ReplyDelete
  25. Saya bermimpi melihat dua sumur,yg satu sangat dalam sehinga nampak dasarnyA tp yg satu hampir penuh dan jernih,dan yg saya pilih sumur yg hampir penuh.. apa makna dari mimpi tersebut maksi

    ReplyDelete
  26. Saya bermimi menusuk sumur denggan bambu tibatiba airnya meluap samek atas

    ReplyDelete
  27. Saya bermimpi berdiri diatas papan yg berada diatas sumur apa artinya

    ReplyDelete
  28. Saya bermimpi berdiri diatas papan yg berada diatas sumur apa artinya

    ReplyDelete
  29. Arti mimpi melihat didalam sumur banyak ulat atau cacing

    ReplyDelete
  30. Saya bermimpi motor suami masuk kedalam sumur.bagian depan motor berjatuhan kebawah hancur berkeping" rasa nya.bagian belakang motor ngak.karena cepat di pegang sama suami.

    ReplyDelete
  31. Saya bermimpi sedang mengambil air disumur lalu timbanya jatuh dan bangunan sumur itu ada yg rusak

    ReplyDelete
  32. saya mimpi ayah saya menutup sumur yang dia bekalkan ke saya😥. caranya agar membaik/tidak berarti buruk, bagaimana

    ReplyDelete
  33. Sya bermimpi tidur dalam sumur bersama anak perempian sya dan paman dan bibi sya dan di tenhah sumir itu terhalang kaca dan sya dapat melihat keatas air sumur itu jernih sekali sampai sya bleh lihat ke atas sumur dan di atas sumur sya milihat bekas suami sya berdiri dengan memakai tuala tak pakai baju apa arti mimpi sya itu

    ReplyDelete
  34. Mimpi mancing ikan disumur dan dapat ikan bewarna putih yang ukurannya setengah dari tubuh saya.saya menggendong ikan tersebut dan membawanya masuk ke bawah tempat tidur.
    Apa yah makna mimpi tersebut

    ReplyDelete
  35. Saya mompi melihat sumur di halaman rumaah saya seperti meledak. Dan alm ibu saya menyelamat kan adik bungsu saya dari dekat sumur. Apa arti mimpi tersebut

    ReplyDelete
  36. Saya mimpi melihat sumur di halaman rumah saya. Seperti meledak. Dan alm ibu saya menyelamatkan adik bungsu saya. Apa arti mimpi tersebut

    ReplyDelete
  37. Aku bermimpi aku sedang berada di sumur tp aneh waktu saya kesumur perasaan saya jalan menuju sumur itu sangat curam dan jauh sehingga saya takut dan ngeri susah payah saya menuju sumur setelah sampai di sumur ternyata jln yg menuju sumur itu sangat datar dan dekat.apakah arti mimpi itu

    ReplyDelete
  38. Saya bermimpi berada dalam sumur yg dalam tp pinggirannya terbuat dari porselen yg bagus dan mengkilap airnya bening apa artinya ya

    ReplyDelete
  39. Baru saja suami saya bangun dan mencwritakan mimpinya. Beliau melihat orang-orang memperbaiki sebuah sumur, namun belum selesai. Dengan tujuan memperbaiki yang belum selesai, suami saya turun ke sumur. Anehnya, sumur yang semula menurut pandangan suami saya dalam, suami saya bisa cepat sampai ke dasar sumur dan bisa memperbaiki sumur dengan ringan. Suami saya mengeluhkan peralatan yang masih ditinggal di sumur oleh orang orang yang memperbaiki. Ada kunci ada sendok. Karenanya, suami saya menyuruh saya untuk mengambilkan ember. Di tepi sumur tersebut, ada adik saya. Saya mengambi ember dan menurunkan ke suami saya. Kata suami saya, bagaimana tho ini, di suruh mengambil ember untuk ngentaske alat kok malah ngasih alat ke dalam sumur. Karena melihat rajinnya suami saya beribadah akhir akhir ini, saya mempercayai ini sebagai ilham
    Menurut saya, suami saya akan diberi amanah yang bisa diselesaikan olwh Beliau dengan cepat, padahal amanah tersebut sulit bagi orang lain. Namun, datanglah saya, yg juga membawa alat yang saya masukkan melalui ember. Mungkinkah tujuan saya, karena sumur tersebut berisi air, ada peralatan yang harus dicuci? Ataukah saya adalah amanah Beliau yang harus Bsliau perbaiki juga? Ataukah saya mengingatkan pada suami saya akan amanah yang lain? Atau adakah tafsir yang lain
    Matur nuwun atas ilmu dan jawabanyya

    ReplyDelete
  40. sy brmimpi msuk kedalam sumur pke tangga kayu sy masuk smpe dasar sumur di dasar sumur sy temukan byak sampah sy bersihkn sy kluarkn dri sumur dlm sumur tu sy temukan 1 buah dus n baju"sy kluarkan dri sumur tu tp sy brniat mau masukkn lg kdalm sumur yg udh sy kluarkn dri sumur tp suami sy tdk ksi sy masukkn lg apakh gerangan tapsir dri mimpi sy tu trimksih bila djawab

    ReplyDelete
  41. Saya bermimpi mekihat sumur tapi tidak ada airnya namun airnya mengalir dari atas bukan dibawah tempat sumur tersebut seperti didalam goa. Apakah arti mimpi saya ini terimakasih bila dijawab

    ReplyDelete
  42. Saya bermimpi di tanah saya yg memang ada sumur disitu tiba" didasar nya berubah ukuran seukuran kolam jernih trus mengalir pdhal itu sumur bukan sungai

    ReplyDelete
  43. Sy bermimpi dalamin sumur pd saat menggalin dikit udah mulai keluar air..... Artinya apa . .
    Salam.. .

    ReplyDelete
  44. Saya mimpi sumur ambrol dan airnya keruh, sampai tidak bisa mengambil air dengan timba. Tapi setelah saya melihat lagi tiba2 airnya mulai naik dan bisa saya timba dengan mudah

    ReplyDelete
  45. Saya bermimpi ada suami istri mintak air sumur di rumah ku

    ReplyDelete
  46. Saya bermimpi baring di samping sumur bersama istri saya.air nua jernih dan penuh apa artinya

    ReplyDelete
  47. Saya bermimpi menguras sumur ditempat mertua dan mertua laki2 saya dan disekeliling ada sodara2 istri saya,,,anehnya sumur keris dan g bisa habis saya kuras.
    Apa kira2 arti mimpi ini???

    ReplyDelete
  48. Saya bermimpi sumur bor di rumah orang tua saya berhenti total n udh banyak orang yg bantu untuk mendapatkan airnya lagi tapi tidak berhasil di hari itu juga..

    ReplyDelete
  49. Aku mimpi duduk di atas sumur teman yg tdi ny kering, tiba2 ada air,danbaku takut untuk menimba air nya, apa arti mimpi itu, tlg balas dan jawab

    ReplyDelete