Menu

Amazon

Lazada

Friday 24 July 2015

EMPAT HAL YANG DIKAGUMI GUS DUR DARI SOSOK GUS MIEK



Gus Miek, demikian beliau sering dipanggil oleh para jama’ahnya adalah sosok ulama yang menempuh dua pola kehidupan yang bertolak belakang. Pertama; kehidupan tradisional pesantren yang direalisaikannya dalam rutinitas acara sema’an. Kedua; gebyarnya kehidupan dunia hiburan malam. Diskotik, night club, coffe shop, dan arena perkampungan orang-orang tuna susila merupakan fenomena yang melekat pada sosok seorang Gus Miek.

Gus Miek dikenal memiliki segudang keanehan, sehingga banyak orang yang menganggap kalau dirinya memiliki kemampuan supranatural. Tidak jarang kemampuan supranatural itu oleh orang awam disempitkan maknanya dengan isitilah saint (wali), yang sekarang juga sedang gencar terjadi pada diri Gus Dur oleh para pengagumnya, sekalipun Gus Dur sendiri belum tentu setuju dengan hal itu.

Menurut pandangan Gus Dur kemampuan supranatural yang melekat pada sosok Gus Miek bukan terletak pada kesaktian atau kewaliannya, melainkan kerinduannya yang besar untuk merealisasikan potensi kebaikan pada setiap diri manusia. Gus Miek meyakini bahwa setiap manusia memiliki potensi untuk menjadi baik. Ada lima hal yang dikagumi oleh Gus Dur pada diri Gus Miek :
1.      Mampu mebedakan mana yang pokok dan mana yang ranting.
2.      Kesederhanaan.
3.      Ketajaman dalam membaca tanda jaman.
4.   Kerinduannya dalam mengupayakan perbaikan manusia. Oleh sebab itu lah Gus Miek mengidolakan ulama yang menyembunyikan lonceng harapan dan genta kebaikan, bukan ulama yang suka menghardik dan marah terhadap hal-hal yang buruk (Diulas dari buku Kiai Nyentrik Membela Pemerintah oleh FT edu)

No comments:

Post a Comment