Menu

Amazon

Lazada

Tuesday 14 July 2015

BERMIMPI MENINGGAL DUNIA (01)



Menurut Ibnu Sirin kematian dalam mimpi adalah simbol dari kegelisahan yang disebabkan oleh masalah besar. Barang siapa bermimpi bahwa dirinya meninggal dunia, kemudian hidup lagi, maka artinya orang tersebut telah berbuat dosa atau kesalahan kemudian bertobat.

Barangsiapa bermimpi meninggal dunia tanpa sebab, maka umurnya akan panjang.

Barangsiapa bermimpi bahwa dirinya tidak bakalan mati, maka ajalnya sudah dekat. Namun bila dia bermimpi, dan dalam mimpinya itu dia merasa tidak akan meninggal selamanya, maka mimpi itu menunjukkan kalau dirinya nanti meninggal dalam syahid.

Barangsiapa bermimpi meninggal dunia, dan dalam mimpinya ia melihat kalau dirinya dimandikan dan dikafani, maka mimpi itu menunjukkan kalau urusan dunianya akan membaik, tapi urusan agama kurang baik.

Barangsiapa bermimpi melihat seorang pemimpin meninggal dunia, maka daerah dimana ia tinggal akan hancur. Sebab menurut Ibnu Sirin hancurnya sebuah daerah disebabkan oleh meninggalnya seorang pemimpin.

Barangsiapa bermimpi melihat orang yang telah meninggal yang ia kenal, dalam mimpinya orang tersebut meniggal kesekian kalinya, lalu dia menangisinya tanpa teriak-teriak, maka dia akan dinikahi oleh seseorang yang menggantikan posisi orang yang meninggal tersebut.

Barangsiapa bermimpi melihat orang yang telah meninggal, dan dalam mimpinya orang tersebut minggal pertama kalinya, maka mimpi itu menunjukkan pengganti atau keluar dari mayit tersebut akan minggal. Seakan-akan mayit tersebut meninggal yang kedua kalinya.

Barangsiapa bermimpi kalau dirinya meninggal dunia, dan tidak mengetahui apa yang terjadi saat dirinya meninggal, maka mimpi itu menunjukkan kalau tembok atau rumahnya bakal roboh. Bila dia mengatahui kondisinya, dan seakan-akan dalam mimpi itu dia dipendam tanpa ditangisi dan tanpa orang yang mengantarnya, maka mimpi itu menunjukkan kalau bagunan yang roboh tersebut tidak mungkin didirikan kembali kecuali bila bangunan itu beralih tangan kepada orang lain.

Bila seseorang bermimpi melihat peristiwa kematian yang cepat di suatu daerah, maka hal itu menujukkan akan terjadi kebakaran di daerah tersebut.

Barangsiapa bermimpi meninggal dunia dalam keadaan telanjang di atas bumi, maka mimpi itu menujukkan kalau dirinya sedang fakir. Bila dia seakan-akan berada di sebuah tanah yang lapang, maka urusan duniawinya akan dimudahkan. Atau dia seakan-akan berada di atas tempat tidur, maka akan mempertoleh jabatan, atau dia berada di atas tunggangan, maka dia mendapatkan keluarganya baik-baik.


Bila seseorang bermimpi seakkan-akan dirinya mengahadapi kematian, maka dia akan memperoleh pahala. Bila mendapat khabar tentang kematian orang yang jauh, maka dia akan mendapat berita kalau urusan agamanya kurang baik, namun urusan dunianya baik. (Diulas dari Kitab Muntakhobul Kalam fii Tafsiril Ahlam Karya Ibnu Sirin hal: 105-106 oleh FT edu).

No comments:

Post a Comment