Menu

Amazon

Lazada

Monday 20 July 2015

NU GARIS LURUS SEBAGAI JURI WALI ???


Satu hal lagi yang menarik dari NU Garis Lurus adalah dalam hal metode penulisan, dan gaya bahasa yang dipakai. Tapi saya akan menyoroti salah satu artikel saja dalam hal metode penulisannya. Terus terang saja saya awam dalam hal aturan penulisan, hanya saja bedanya saya gak mengatakan kalau sunni itu syafi’i murnia saja..hehehe…..Untuk menyingkat waktu langsung saja kita ke TKP hehehhe….


Dalam salah satu artikelnya, ada tema yang menarik menurut saya, yaitu ketika menulis tentang sosok Mbah Mangli yang dianggapnya sebagai Wali Asli dan Gus Dur sebagai Wali Palsu. Saya gak begitu tertarik untuk membicarakan apakah Mbah Mangli atau Gus Dur itu seorang wali atau bukan, karena saya tidak kompenten di bidang itu. Selama ini saya meyakini kalau beliau berdua adalah manusia yang baik gitu aja, tidak kurang-tidak lebih.


Tapi yang ingin saya soroti adalah metode pemaparan dan penulisan. Sekalipun artikel itu membahas tentang sosok tokoh Mbah Mangli, tapi di akhir cerita endingnya membandingkan, serta gaya bahasa yang dipakai layaknya seorang juri. Bila NU Garis Lurus memposisikan diri sebagai tukang Juri Wali, kalau saya boleh menyarankan informasi dari dua tokoh yang akan diperlombakan kewaliannya (saya yakin Mbah Mangli, Allahumma irkhamhu, gak bakalan mau dibanding-bandingkan) harus berimbang atau dalam istilah jurnalistik Cover Both Sides, apa itu Cover Both Sides? Tanya saja ama Wali Google, hehehe…pasti dikasih tahu. Cara menginformasikan kandidat yang hendak diperlombakan tidak dengan menceritakan Mbah Mangli beribu-ribu digit di awal tulisan, kemudian memberi kesimpulan di akhir tulisan: “ini wali asli dan itu wali palsu”. Kalau ditanya dasarnya apa cung…? karena Mbah Mangli tidak ikut ama Gus Dur waktu mendirikan partai sehingga layak disebut wali asli. Secara mantiqi ini pengambilan kesimpulan yang false. Gaya penulisannya jumping karena antar paragraf tidak coherence. Orang awam seperti saya akan bingung saat mebacanya, dan melihatnya lucu gitu,heheheheh….   

No comments:

Post a Comment